SELMAT DATANG DI BLOG

Minggu, 21 Januari 2018

CARA MEMBUAAT JARINGAN LAN DI PC

Asalamualaikum wr,wb
kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat jaringan lan di pc
 langsung saja


YANG DI BUTUHKLAN UNTUK MEMBUAT JARINGAN LAN

Membuat Jaringan LAN, Tutorial Jaringan Komputer Mudah - Jaringan LANmerupakan jaringan komputer local yang digunakan untuk area terbatas seperti rumah ataupun sekolah. Jaringan LAN sangat mudah dibuat karena hanya membutuhkan beberapa peralatan dan setting pada komputer. (Baca Juga: Trik Mengatasi Komputer/Laptop Lemot) Kali ini saya akan memberikan artikel singkat 'cara membuat lan sendiri' pada windows 7

Alat untuk membangun sebuah jaringan LAN

  1. Router
    Router adalah jantung pada sebuah jaringan. Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam kasus ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN
  2. Switch
    Berbeda dengan router, switch berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN
  3. Ethernet Card
    Ethernet card adalah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet sehingga komputer bisa tersambung menuju jaringan. Biasanya, pada komputer-komputer terbaru, kartu ini telah disematkan secara onboard sehingga anda tidak perlu untuk membeli lagi.
  4. Ethernet Cable
    Yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke router atau bisa juga komputer satu dengan komputer lain. Ujung pada kabel ini diberi sebuah konektor yang disebut RJ-45. RJ-45 memiliki 2 settingan, yaitu straight dan cross. Straight digunakan untuk menghubungkan komputer ke router sedangkan cross digunakan untuk menyambungkan komputer langsung dengan komputer.
  5. Modem
Jika anda ingin menghubungkan jaringan anda ke internet, maka anda juga harus membeli sebuah modem. Jika anda tidak membeli sebuah modem, maka komputer anda hanya bisa berkomunikasi dengan komputer lain yang terdapat pada jaringan LAN tersebut.
  • Peralatan lain
    Crimping tool, LAN tester, gunting, multimeter.
    Crimping tool digunakan untuk menyambungkan RJ-45 dengan kabel ethernet. LAN tester digunakan untuk testing kabel LAN telah berfungsi atai tidak. Sebagai alternatif untuk mempercepat ataupun mempermudah pekerjaan anda, anda bisa meminta tolong kepada penjual kabel ehternet misalnya untuk sekaligus memasangkan RJ-45 sehingga anda tinggal memasangkan kabel-kabel tersebut menuju router dan komputer.
  • Sebelum menyiapkan peralatan di atas. sangat disarankan anda melakukan perencanaan terlebih dahulu, yaitu meliputi jumlah komputer, luas area, dengan begitu anda bisa membuat rancangan kabel yang efektif sehingga bisa menghemat biaya yang dibutuhkan. anda bia menggunakan software seperti paint untuk membuat rancangan penataan jaringan LAN Anda. Setelah itu, barulah anda beli perlengkapan yang diperlukan dan pasangkan perlatan-peralatan di atas.
    Berikut adalah model yang akan kita pakai untuk membangun jaringan LAN (bisa juga untuk Warnet). sumber gambar (microsoft.com)

    Menentukan Kebutuhan Jaringan

    1. 1
      Hitung jumlah komputer yang harus terhubung dengan kabel eternet untuk menentukan jumlah porta eternet yang diperlukan.
      • Jika Anda hanya memiliki kurang dari empat komputer yang harus terhubung dengan kabel eternet, Anda hanya perlu membeli perute. Namun, jika Anda memiliki lebih dari empat komputer, Anda mungkin perlu membeli switch untuk menambah jumlah porta eternet yang tersedia.
    2. 2
      Putuskan apakah Anda ingin membuat jaringan nirkabel. Untuk membuat jaringan nirkabel, Anda perlu membeli perute nirkabel, yang bisa Anda dapatkan di berbagai toko komputer. Anda juga dapat membeli perute nirkabel di internet.
      • Switch tidak dapat digunakan untuk membangun jaringan nirkabel. Switch hanya berfungsi menambah porta eternet di jaringan.
    3. 3
      Putuskan apakah Anda ingin memberikan koneksi internet untuk seluruh komputer di jaringan. Koneksi internet dapat diberikan pada komputer di jaringan dengan bantuan perute. Jika Anda tidak memerlukan akses internet, Anda dapat membuat jaringan LAN hanya dengan bermodalkan switch dan kabel eternet.
    4. 4
      Ukur jarak perangkat yang harus terhubung lewat kabel eternet. Meskipun panjang kabel bukanlah masalah untuk kebanyakan jaringan rumah, tetapi ingatlah bahwa maksimal panjang kabel eternet adalah 100 meter. Jika Anda perlu menghubungkan perangkat dengan jarak lebih dari 100 m, Anda harus menggunakan switch di antara perangkat.
    5. 5
      Pertimbangkan kebutuhan jaringan di masa depan. Jika Anda menggunakan seluruh porta pada perute atau switch, pertimbangkan untuk membeli switch atau perute berkapasitas lebih besar untuk menambahkan lebih banyak perangkat di kemudian hari.

    2
    Mengatur Jaringan LAN Sederhana

    1. 1
      Siapkan perangkat keras jaringan. Untuk membuat LAN, Anda perlu membeli perute atau switch, yang berfungsi sebagai titik akses jaringan. Kedua perangkat tersebut dapat mengarahkan informasi ke komputer yang tepat.
      • Perute dapat memberikan alamat IP ke setiap perangkat yang terhubung ke perangkat secara otomatis. Anda perlu membeli perute jika Anda ingin menghubungkan komputer pada jaringan ke internet. Namun, meskipun jaringan Anda tidak dilengkapi internet, Anda tetap dianjurkan untuk menggunakan perute sebagai perangkat jaringan.
      • Switch, versi dasar dari perute, hanya memungkinkan komputer berkomunikasi satu sama lain, tetapi tidak dapat memberikan alamat IP ke setiap komputer dan tidak memungkinkan Anda membagikan koneksi internet. Switch cocok digunakan untuk menambah jumlah porta eternet yang ada pada perute.
    2. 2
      Atur perute Anda. Untuk membuat jaringan sederhana, Anda tidak perlu melakukan konfigurasi perute. Hubungkan perute ke sumber listrik. Jika Anda ingin berbagi koneksi internet, letakkan perute di dekat modem.
    3. 3
      Jika diperlukan, hubungkan perute ke modem dengan kabel eternet. Porta WAN/INTERNET pada perute dikhususkan untuk menghubungkan perute ke modem. Porta ini memiliki warna yang berbeda dari porta lainnya di perute.
    4. 4
      Hubungkan switch ke perute dengan kabel eternet jika diperlukan. Anda dapat menghubungkan switch ke porta mana saja di perute untuk menambah jumlah porta eternet yang tersedia. Seluruh perangkat yang terhubung ke switch secara otomatis juga akan terhubung ke perute.
    5. 5
      Sambungkan komputer ke perute dengan kabel eternet. Anda dapat menghubungkan komputer ke porta mana saja di perute.
      • Kabel eternet dengan panjang di atas 100 meter tidak dapat mentransfer data dengan baik.
    6. 6
      Jika Anda tidak menggunakan perute pada jaringan dan hanya mengandalkan switch, jadikan salah satu komputer di jaringan sebagai server DHCP. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengatur alamat IP di setiap komputer secara manual.
      • Anda dapat membuat server DHCP dengan memasang perangkat lunak pihak ketiga.
      • Atur setiap komputer di jaringan untuk "mengambil" alamat IP secara otomatis dari server DHCP.
    7. 7
      Periksa koneksi jaringan di setiap komputer. Setelah masing-masing komputer memiliki alamat IP, komputer akan dapat berkomunikasi di jaringan. Jika Anda menggunakan perute untuk berbagi koneksi internet, setiap komputer akan dapat mengakses internet.
    8. 8
      Aturlah fungsi berbagi berkas dan pencetak. Setelah komputer terhubung ke jaringan, Anda tidak akan dapat mengakses sumber daya dari komputer lain, kecuali Anda telah mengatur fungsi berbagi. Setelah diatur, Anda dapat membagikan berkas, folder, kandar, atau pencetak untuk digunakan oleh seluruh jaringan atau pengguna tertentu saja.

    3
    Membuat Jaringan Nirkabel

    1. 1
      Atur perute Anda. Ingatlah beberapa hal berikut saat mengatur perute nirkabel:
      • Untuk mengatasi masalah dengan mudah, letakkan perute di dekat modem.
      • Letakkan perute di tengah rumah agar jangkauannya maksimal.
      • Anda harus mengatur perute nirkabel melalui eternet.
    2. 2
      Sambungkan komputer ke salah satu porta LAN perute dengan kabel eternet.Peramban di komputer ini akan digunakan untuk mengatur jaringan nirkabel.
    3. 3
      Buka peramban di komputer yang telah terhubung ke perute. Anda dapat menggunakan peramban apa saja.
    4. 4
      Masukkan alamat IP perute. Anda dapat menemukan alamat IP perute di bagian bawah perute, atau di buku manualnya. Jika Anda tidak dapat menemukan alamat IP di kedua tempat tersebut, cobalah langkah berikut:
      • Windows - Klik kanan tombol jaringan di bilah System Tray, lalu klik Open Network and Sharing Center. Klik eternet, lalu klik Details. Temukan entri Default Gatewayuntuk mendapatkan alamat IP perute.
      • Mac - Klik menu Apple, lalu pilih System Preferences > Network. Klik jaringan eternet Anda, lalu perhatikan entri Router untuk mendapatkan alamat IP perute.
    5. 5
      Masuklah dengan akun administrator. Setelah memasukkan alamat IP, Anda akan diminta masuk dengan akun administrator perute. Informasi akun ini berbeda-beda, tergantung jenis perute, tetapi umumnya Anda dapat masuk dengan nama pengguna "admin" dan kata sandi "admin" atau "password". Sebagian perute bahkan tidak mengharuskan Anda memasukkan kata sandi.
    6. 6
      Bukalah bagian Wireless pada halaman administrasi perute. Lokasi dan nama bagian ini berbeda-beda, tergantung jenis perute.
    7. 7
      Ubah nama jaringan di kolom SSID atau Network Name. Nama ini akan muncul pada daftar jaringan nirkabel di komputer klien.
    8. 8
      Pilih WPA2-Personal sebagai opsi Authentication atau Security. WPA2-Personal adalah fungsi otentikasi jaringan yang paling kuat di kebanyakan perute. Hindari opsi WPA atau WEP, kecuali Anda membutuhkannya untuk menghubungkan komputer lama yang tidak kompatibel dengan WPA2.
    9. 9
      Buat kata sandi yang kuat. Kata sandi ini diperlukan untuk menghubungkan komputer ke jaringan. Kolom kata sandi ini mungkin berlabel Pre-Shared Key.
    10. 10
      Pastikan fungsi jaringan nirkabel aktif. Tergantung jenis perute, Anda mungkin perlu mencentang kotak tertentu atau mengeklik tombol di menu Wireless untuk mengaktifkan fungsi jaringan nirkabel.
    11. 11
      Klik tombol Save atau Apply untuk menyimpan perubahan.
    12. 12
      Tunggulah hingga perute dimulai ulang. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit.
    13. 13
      Sambungkan perangkat ke jaringan nirkabel. Setelah perute menyala, nama jaringan nirkabel akan tampil di daftar jaringan pada setiap perangkat nirkabel dalam jangkauan. Saat pengguna mencoba menghubungkan perangkat ke jaringan, ia akan diminta memasukkan kata sandi.
      • Anda tidak memerlukan kata sandi untuk menghubungkan komputer lewat eternet
    jaringan lan
    1. Adalah Internet
    3. Adalah modem sekaligus Router yang menghubungkan komputer server menuju internet
    4. Komputer server
    5. Switch
    Setelah hardware terpasang, sekarang adalah tahap untuk setting software. setting ini meliputi instalasi OS, setting network connection, konfigurasi TCP/IP address, terakhir adalah uji coba jaringan yang telah anda pasang.

    Mengaktifkan Internet Connecting Sharing

    ICS bertujuan untuk membagikan koneksi internet komputer host menuju komputer lainnya.
    Untuk mengaktifkan ICS pada komputer server,  silahkan buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center, Klik kanan pada koneksi yang ingin anda bagikan, klik Properties, klik tab Sharing,  lalu centang kotak Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection, simpan. Oke, sampai tahap ini, hanya komputer server yang bisa terhubung ke internet
    Setelah koneksi dibagikan, maka masing-masing komputer harus mendapatkan IP address. Caranya,
    1. buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center. 
    2. Klik kanan pada Koneksi LAN, Klik Properties
    3. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), kemudian pilih properties
    4. klik Obtain an IP address automatically atau Obtain an IPv6 address automatically
    Sekian dan terimah kasih 
    saya akhiri dengan ucapan wabilahi taufik walhidaya wasalalamualaikum wr,wb

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Pengertian Hardware,Software Dan Fungsinya

    1. Hardware     adalah sebua perangkat keras komputer yang sifatnya dapat di sentuh atau dapat dilihat secara kasat mata jadi dapat disimpul...