BAB IV
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
4.1.
Analisis Sistem
Analisis adalah aktivitas yang memuat sejumlah
kegiatan seperti mengurai, membedakan,
memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari
kaitannya dan ditafsirkan maknanya. Dalam pengertian yang lain, analisis adalah
sikap atau perhatian terhadap sesuatu
(benda, fakta, fenomena) sampai mampu menguraikan menjadi bagian-bagian, serta mengenal kaitan
antarbagian tersebut dalam keseluruhan. Analisis
dapat juga diartikan sebagai kemampuan memecahkan atau menguraikan suatu materi atau informasi menjadi komponen-komponen
yang lebih kecil sehingga lebih mudah
dipahami.
Jadi, dari pengertian analisis diatas, dapat
disimpulkan bahwa analisis adalah
sekumpulan aktivitas dan proses. Salah satu bentuk analisis adalah merangkum sejumlah besar data yang masih
mentah menjadi informasi yang dapat
diinterpretasikan. Semua bentuk analisis berusaha menggambarkan pola pola
secara konsisten dalam data sehingga hasilnya dapat dipelajari dan
diterjemahkan dengan cara yang singkat dan penuh arti. (MUNTIHANA,
2017)
Sistem sebagai “sekumpulan elemen yang saling terkait atau
terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai
suatu tujuan”. Menurut William Davis sistem
merupakan sekumpulan komponen yaitu
input , proses, antarmuka, output ,
control dan feedback yang bekerja
sama untuk suatu tujuan Sedangkan
menurut Dr. Richardus “sistem mengandung
arti kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya”. (Zahriana,
2016)
1.
2.
3.
4.
4.1.
4.1.1.
Analisis Data Kerusakan dan Solusi
Pada analysis sistem data-data yang menjadi output
sistem adalah jenis komponen dan solusi kerusakan. Data kerusakan dan solusi
menyediakan pengetahuan tentang solusi kerusakan pada printer canon.
Tabel 1.1 Tabel
Jenis Printer
No
|
Jenis Printer
|
1.
|
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
5.
|
|
Tabel 1.2 Tabel
Jenis Komponen
Tabel 1.3 Tabel
Kerusakan
Tabel 1.4 Tabel
Solusi Kerusakan
No
|
Solusi
Kerusakan
|
1.
|
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
4.1.2.
Perancangan Sistem
Perancangan sistem adalah tahap setelah analisis
dari siklus pengembangan sistem “pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan
fungsional dan persiapan umtuk rancangan bangun implementasi: “menggambarkan bagaimana
suatu sistem dibentuk.
Rancangan sistem adalah penentuan proses dan data
yang diperlukan oleh sistem baru. Jika sistem itu berbasis komputer, rancangan
dapat menyertakan spesisfikasi peralatan yang akan dipergunakan”. Dari kedua
pendapat diatas dapat di simpulkan bahwa perancangan sistem adalah tahapan dari
sebuah proses pendefinisian kebutuhan-kebutuhan dari siklus perkembangan sistem
baru atau sistem yang akan dibentuk. (Sukisno, 2017)
4.1.3.
Perancangan Database
Database Management System adalah sebuah sistem
software yang memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan, membuat, memlihara,
dan mengontrol akses ke database. DBMS adalah kumpulan program yang digunakan
untuk mendefinisikan mengatur, dan memproses database, sedangkan efisensi database adalah sebuah
struktur yang dibangun untuk keperluan penyimpanan data. DBMS merupakan alat
atau tool yang berperan untuk membangun struktur tersebut. (Irawan, 2017)
4.1.4.
Perancangan Tabel
Dalam perancangan suatu aplikasi sebuah program banyak
digunakan tabel-tabel untuk mempermudah user atau pengguna dalam rangka
menyimpan dan sebuah data sesuai yang diinginkan dan bias juga bias sebagai
dokumentasi. Adapun rancangan tabel tersebut adalah sebagai berikut :
4.1.4.1.
Tabel Pakar
Pada tabel ini
berisikan tentang nama dan password pakar.
Tabel 1.5. Tabel Pakar
Nama Field
|
Tipe
|
Ukuran
|
Keterangan
|
Nama
|
Text
|
10
|
Nama
|
Password
|
Text
|
10
|
Password
|
4.1.4.2.
Tabel Jenis Printer
Pada tabel ini
berisikan tentang data-data jenis printer canon.
Tabel 1.6. Tabel Jenis Printer Canon.
Nama Field
|
Tipe
|
Ukuran
|
Keterangan
|
Kode_JenisPrinter
|
Text
|
10
|
Kode Jenis Printer
|
Jenis_Printer
|
Text
|
10
|
Jenis Printer
|
4.1.4.3.
Tabel Komponen
Pada tabel ini
berisikan tentang data-data jenis komponen pada printer canon
Tabel 1.7.
Tabel Jenis Komponen
Nama Field
|
Tipe
|
Ukuran
|
Keterangan
|
Kode_Komponen
|
Text
|
10
|
Kode Komponen
|
Komponen
|
Text
|
100
|
Komponen
|
4.1.4.4.
Tabel Kerusakan
Pada tabel ini
berisikan tentang data-data jenis kerusakan pada printer canon.
Tabel 1.8. Tabel Jenis Kerusakan
Nama Field
|
Tipe
|
Ukuran
|
Keterangan
|
Kode_Kerusakan
|
Text
|
10
|
Kode Kerusakan
|
Kerusakan
|
Memo
|
|
Kerusakan
|
4.1.4.5.
Tabel Solusi Kerusakan
Pada tabel ini
berisikan tentang data-data jenis Solusi Kerusakan pada printer canon.
Tabel 1.9. Tabel Jenis Solusi Kerusakan
Nama Field
|
Tipe
|
Ukuran
|
Keterangan
|
Kode_Solusi
|
Text
|
10
|
Kode Kerusakan
|
Solusi Kerusakan
|
Memo
|
|
Solusi Kerusakan
|
4.1.5.
Diagram Konteks
Sistem Pakar
Kerusakan
Printer Canon
|
Info Akuisisi
Pengetahuan
|
Gambar
4.1. Diagram Konteks
Gambar 4.1 diatas merupakan interaksi antara Pakar
dan Pemakai. Seorang pakar dapat memasukan data kepakaran ke dalam sistem
sehingga pemakai dapat mendapatkan informasi terhadap penelusuran yang
dilakukan.
4.1.6.
DAD Level 0
DAD Level 0 menggambarkan mengenai pengolahan data
yang ada di dalam sistem, seperti pengelahan data kerusakan. Dalam melakukan
pengelolaan data dapat dilakukan; Tambah data, Edit data, dan Hapus data.
Proses-proses yang dalam DAD Level 0 sistem pakar kerusakan pada Printer Canon
dapat dilihat pada gambar 4.2. dibawah.
Pengelolaaan Data Kerusakan
|
Gambar
4.2. DAD Level 0
4.1.7.
DAD Level 1 Proses 1 Pengolahan Data Kerusakan
DAD Level 1 proses 1
pengolahan data kerusakan menggambarkan mengenaii pengolahan data kerusakan.
Dalam pengolahan data kerusakan dapat dibagi menjadi empat , yaitu pengolahan
data printer canon, pengolahan data komponen,
pengolahan data kerusakan dan pengolahan data solusi kerusakan kemudian data
disimpan dalam database.
Pengolahan Data Kerusakan
|
Pengolahan Data Printer Canon
|
Pengolahan Data Solusi Kerusakan
|
Gambar 4.2. DAD Level 1
Proses 1 Pengolahan Data Kerusakan
4.1.8.
DAD Level 1 Proses 2 Penelusuran
DAD level 1 proses 2
penelusaran, menggambarkan bagaimana langkah penelusuran yang dibagi menjadi
beberapa langkah. User melakukukan
pemilihan data-data yang telah disediakan sistem baik berupa data jenis printer
canon, data jenis komponen dan data jenis kerusakan. Setelah dilakukan
pemilihan terhadap data-data tersebut selanjutnya dilakukan penelusuran untuk
mendapatkan solusi kerusakan.Gambar DAD level 1 proses 2 penelusuran dapat
dilihat pada gambar 4.3
Gambar 4.3. DAD Level 1
Proses 1 Pengolahan Data Kerusakan
4.1.9.
Rancangan Interface
Rancangan Interface digunakan untuk membuat
tampilan dengan tujuan memberikan panduan dalam mengoperasikan program
aplikasi. Pada rancangan Interface aplikasi
ini dibedakan menjadi dua tampilan yaitu User
dan Pakar. Pakar digunakan sebagai pengisian database dan
pengolahan data-data, Sedangkan User
hanya menjalankan pilihan untuk memgetahui solusi kerusakan pada printer canon.
interface atau
antarmuka yang berfungsi untuk menjembatani antara pengguna dengan teknologi
itu sendiri. Teknologi informasi yang satu dengan yang lain memiliki desain
interface yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan kebutuhan penggunanya.
Misalnya, teknologi yang digunakan oleh seorang dokter dengan kebutuhannya
untuk memberikan diagnosa kepada pasien akan berbeda dengan teknologi informasi
yang digunakan oleh seorang manajer dalam nentukan strategi pada perusahaannya.
Ben Shneiderman mengatakan bahwa pada level individu, user interface dapat
mengubah hidup banyak orang, misalnya user interface yang efektif untuk para
profesional artinya bahwa seorang dokter dapat melakukan diagnosis lebih akurat
dan pilot dapat menerbangkan pesawat lebih aman (Shneiderman, 2005). Dari
penjelasan tersebut user interface mempunyai peran yang penting dalam
efektivitas suatu sistem informasi.
4.1.9.1.
Pemakai (User)
Tampilan yang pertama
kali di tampilkan saat aplikasi dijalankan adalah tampilan untuk User. Jadi, User tinggal melakukan penelusuran secara langsung ataupun melihat
petunjuk terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana untuk melakukan penelusuran.
Pada tampilan ini juga akan ditampilkan menu login untuk digunakan seorang
pakar jika ingin melakukan penambahan, perubahan ataupun penghapusan data.
SISTEM
PAKAR
PENANGANAN
KERUSAKAN
PRINTER CANON
|
Gambar 4.4. Menu Utama
User
Pada Menu Utama (User) ada 4 menu, yaitu menu
penelusuran, Login, petunjuk dan keluar. Apabila menu penelusuran di klik, maka
form Penelusuran akan muncul dan User dapat melakukan proses penelusuran.
Adapun tampilannya adalah sebagai berikut :
Silakan pilih jenis printer
canon :
|
Printer Canon PIXMA Ip 2770
|
Printer Canon PIXMA Ip 2870
|
Printer Canon PIXMA Ip 2770
|
Gambar 4.5. Penelusuran
Jenis Printer Canon
Pada form ini, User diminta memilih jenis printer canon yang telah disediakan.
Setelah memilih jenis kerusakan, kemudian klik menu Lanjut. Untuk menutup sesi penelusurann maka klik menu Keluar.
Silakan pilih jenis komponen
:
|
Gambar 4.6. Penelusuran
Jenis Komponen
Pada form ini, User diminta memilih jenis Komponen yang telah disediakan. Setelah
memilih jenis kerusakan, kemudian klik menu Lanjut.
Untuk menutup sesi penelusurann maka klik
menu Keluar.
Silakan pilih jenis
kerusakan yang anda temukan :
|
Tinta Katdrige belum
terpasang
|
Gambar 4.7. Penelusuran
jenis kerusakan
Pada form ini, User diminta memilih jenis Kerusakan yang telah disediakan. Setelah
memilih jenis kerusakan, kemudian klik menu Lanjut.
Untuk menutup sesi penelusurann maka klik
menu Keluar.
Jenis Kerusakan yang anda
pilih adalah sebagai berikut:
|
Jenis printer canon yang
anda pilih adalah sebagai berikut:
|
Jenis Komponen yang anda
pilih adalah sebagai berikut :
|
Tinta Katdrige belum
terpasang
|
Tinta Katdrige belum
terpasang
|
2. Tinta Katdrige belum
terpasang
|
Gambar 4.8. Penelusuran Solusi Kerusakan
Kemudian
penelusuran selanjutnya akan menampilkan
data-data jenis yang telah dipilih pada form sebelumnya . untuk mengetahui
jenis kerusakan yang telah dipilh klik Tombol Analisa, maka Solusi kerusakan akan ditampikan sesuai dengan jenis
data yang telah dipilih sebelumnya.
Gambar 4.9. Petunjuk
1.
2.
3.
4.
4.1.
4.1.1.
4.1.2.
4.1.3.
4.1.4.
4.1.5.
4.1.6.
4.1.7.
4.1.8.
4.1.9.
4.1.9.1.
4.1.9.2.
Pakar
Pada menu login
terdiri dari Username dan Password
kemudian klik login. Jika Nama dan Password salah maka akan muncul pesan kesalahan seperti yang
ditampilkan pada gambar bila Nama dan
Password benar maka tampilan Menu Pakar akan ditampilkan.
SISTEM PAKAR
PENANGANAN KERUSAKAN
PRINTER CANON
|
Gambar 4.10. Login Pakar
Cek Kembali !! Terjadi
Kesalahan
|
Gambar 4.11. Konfirmasi Kesalahan
SISTEM PAKAR
PENANGANAN KERUSAKAN
PRINTER CANON
|
Gambar
4.12. Menu Utama Pakar
Gambar
4.13. Form input data jenis printer canon
Gambar
4.14. Form input data jenis komponen
Gambar 4.15. Form
input data jenis kerusakan
DATA
JENIS SOLUSI KERUSAKAN
|
Gambar 4.16. Form
input data jenis kerusakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar