SELMAT DATANG DI BLOG

Kamis, 28 Februari 2019

PENGERTIAN HARDWARE DAN JENIS HARDWARE DAN CARA INSTALASI HADWARE,SOFTWARE


PENGERTIAN HARDWARE DAN JENIS HARDWARE DAN CARA INSTALASI HADWARE,SOFTWARE

hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). 

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
  Perangkat Lunak (Software), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.
Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.
Program Paket, seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa



Instalasi Hardware (Computer)
Yaitu : Melakukan pemasangan / merakit hardware komputer menjadi satu kesatuan, sehingga komputer siap di operasikan.
6 Pokok Pembahasan, yang di pelajari :
1.Mengenal dan menentukan komponen spesifikasi komputer.
2.Menginstalasi / merakit komponen pc.
3.Mengkonfigurasi (BIOS) pc.
4.Menginstalasi Sistem Operasi.
5.Menginstalasi Driver Komputer.
6.Menginstalasi Pheriferal & Setting Pheriferal.
Pengenalan Perangkat Hardware
*Sebelum Merakit PC, sebaik nya kita mengetahui fungsi kerja dari hardware (spek komputer yang ingin kita rakit).
*Menganggarkan biaya pembelian hardware komputer.
*Merakit PC sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan.
Hardware Computer
1.MAINBOARD (MOTHERBOARD)

*Pusat Printed Circuit Board (PCB) primer yang mengandung sejumlah slot dan soket untuk berbagai jenis komponen PC.
*Papan Rangkaian Komputer tempat semua komponen Elektronik komputer terangkai.
2.Processor

*Processor, sering di sebut juga dengan “otak” komputer.
*Bagian yang paling penting didalam komputer untuk melakukan pemrosessan.
3.RAM (Random Access Memory)

Memori yang dapat di baca dan di tulis, yang bersifat volatile (informasi akan hilang jika komputer di matikan).
4.POWER SUPPLY

Rangkaian Elektronika yang berfungsi sebagai pencatu daya / pemberi sumber tegangan / arus pada hardware yang lain.
5.HARD DISK

*Hard Disk di gunakan sebagai media penyimpanan data dan program yang telah di instalasi baik Program Sistem Operasi maupun Program Aplikasi.
*Bersifat non volatile storage, dimana data yg telah di simpan tidak akan hilang walaupun listrik di matikan.
6.Optical Media Disk (CD/DVD + RW ROOM)

*CD/DVD Room termasuk kedalam player media penyimpanan (Storage Device) besaran kapasitas CD 700 Mb dan DVD 4.7 GB.
*Didalam melakukan instalasi sistem operasi cd/dvd room sangat berperan penting terhadap penginstalan tersebut, dimana dari cd/dvd room tersebut dilakukan booting untuk pertama kali sebelum hard disk memiliki sistem operasi.
7.CASSING (CASE)

*Cassing yaitu kotak tempat mesin komputer (Motherboard dan pendukungnya, power supply, floopy disk, hard disk, cd/dvd room drive., etc.)
*Didalam cassing juga tersedia kipas pendingin yg di gunakan untuk mendinginkan / mengatur suhu didalam cassing tersebut.
*Pilihlah Cassing yang tegak (berdiri) di bandingkan dengan cassing yg tidur (desktop) untuk sirkulasi suhu didalam cassing yg tegak lebih mudah di keluarkan.
*Cassing yang bagus biasanya menyediakan informasi digital yg di tampilkan di body luar cassing temperatur yg terdapat didalam cassing tersebut.
8.EKSPANSI CARD

Kartu Ekspansi yaitu kartu tambahan, yang di tancapkan/dipasang di motherboard didalam slot PCI (Pheriferal Component Interconect) maupun AGP (Accelerated Graphics Port).
VGA Card, SOUND Card, MODEM, TV Card., Etc.
9.Keyboard + Mouse

*Keyboard yaitu Papan Ketik, yang terdiri dari tombol – tombol abjad, angka dan simbol yang berfungsi sebagai alat masukan.

*Mouse dalam bahasa indonesia di sebut sebagai tetikus, yang berfungsi untuk menjalankan kursor sebagai alat masukan.
10.MONITOR

Monitor, di gunakan untuk menampilkan data – data yang tersimpan didalam media penyimpanan baik itu berbentuk Sistem Operasi maupun Program Aplikasi.
KESIMPULAN
*Didalam melakukan Instalasi Hardware, kita di tuntut untuk mengetahui perangkat – perangkat hardware, kegunaan dan fungsi kerja hardware yg ingin kita instalasi/rakit.
*Hardware yang kita persiapkan didalam merakit sebuah PC yaitu :
MAINBOARD/MOTHERBOARD
PROCESSOR
RAM
POWER SUPPLY
HARD DISK
OPTICAL DISC
CASSING
EKSPANSI CARD (VGA, SOUND CARD, MODEM, Etc.,)
KEYBOARD + MOUSE
MONITOR

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan suatu software di dalam OS Windows, tergantung dari tipenya, yaitu:
Kompilasi / Software Compilation. Ini untuk kamu yang membangun sendiri suatu software dari awal.
Arsip / Software Archives. Software juga bisa diinstal dengan cara mengekstrak file arsip/archive dimana file-file yang dibutuhkan software sudah dikumpulkan ke dalam satu arsip.
Paket Installer / Installer Packages. Ini metode yang paling umum, dimana kita meng-klik dua kali pada satu file installer.
Langkah-langkah Menginstal Windows 7
Setelah setting BIOS agar booting dari CD/ DVD selesai. Sekarang waktunya instalasi windows 7. Menginstall windows 7 tidaklah sulit, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini dengan seksama .
1. Langkah pertama, tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi.

2. Silakan pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk Language to install dan Keyboard or input methodbiarkan default. Kemudian pilih Next.

3. Untuk memulai instalasi windows 7. Pilih Install now.

4. Centang I accepted the license terms, kemudian pilih Next.

5. Saya anggap anda saat ini sedang belajar menginstall sistem operasi windows 7 untuk pertama kalinya. Jadi, silakan pilih Custom (advanced).

6. Jika anda ingin melakukan install ulang, downgrade maupun upgrade sistem operasi windows sekaligus ingin data-data pada partisi lain tidak hilang, cukup delete Disk 0 Partition 2 (partisi C:) dan Disk 0 Partition 1 : System Reserved, nanti otomatis kedua partisi yang anda delete tadi menjadi Unallocated Space.
Silakan buat partisi baru lagi (secara otomotis, partisi tersebut menjadi Disk 0 Partition 2) dan jadikan Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows 7, kemudian Next. Bingung? Simak gambar dibawah ini.
Bagi yang ingin melakukan install ulang, downgrade maupun upgrade ke windows 7 sekaligus tidak ingin data-data di partisi lain hilang, silakan lewati langkah nomor 7-10. Dan bagi anda yang pertama kali melakukan instalasi windows 7 sekaligus yang HDDnya masih mulus dan belum terinstall sistem operasi windows sebelumnya, silakan lewati langkah nomor 6 ini.
7. Langkah selanjutnya yaitu mempartisi ruang harddisk. Pilih Drive options (advanced) > New. Lalu tentukan ukuran partisi/ drive tersebut. Kemudian pilih Apply jika sudah selesai.
 

8. Pilih OK untuk pembuatan system files windows atau yang biasa disebutsystem reserved partition saja.

9. Silakan buat 2 partisi dengan cara yang sama seperti langkah nomor 7. Sebenarnya, berapa banyak partisi tergantung selera masing-masing. Pada tutorial kali ini, saya hanya membuat 2 partisi.

10. Silakan pilih Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows. Kemudian pilih Next. Sebenarnya, anda bisa memilih lokasi instalasi dimana saja, tapi saya sarankan anda letakkan di Disk 0 Partition 2.

11. Proses instalasi windows 7 berlangsung. Proses ini memakan waktu kurang lebih 20 menit. Selama proses berlangsung, komputer akan reboot/ restart dengan sendirinya beberapa kali.

12. Jangan tekan tombol apapun pada keyboard! Hal tersebut akan menyebabkan anda mengulangi proses instalasi dari awal.

13. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan nama pengguna dan nama komputer. Kemudian pilih Next.

14. Langkah berikutnya yaitu membuat password untuk akun Windows. Saran saya, buatlah password yang kuat dengan kombinasi angka dan simbol. Sedangkan untuk password hint, isikan kata atau kalimat yang membantu anda mengingat password anda tersebut. Jika anda tidak ingin menambahkan password, biarkan saja kosong. Kemudian pilih Next.

15. Silakan masukkan product key windows 7, kemudian pilih Next. Jika tidak mempunyai product key, anda bisa lewati langkah berikut ini tanpa memasukkan product key. Tetapi, tanpa aktivasi product key, anda hanya dapat menggunakan Windows 7 selama masa trial (30 hari). Selanjutnya pilih Next.

16. Untuk Windows Update, silakan pilih Ask me later. Anda bisa memilih Use recommended settings jika DVD windows 7 yang anda miliki original. Tetapi jika tidak, saya sangat menyarankan pilih Ask me later.

17. Untuk Time zone/ zona waktu. Pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.

18. Langkah berikutnya yaitu menentukan lokasi jaringan. Silakan pilih Public Network.

19. Jika anda menambahkan password untuk akun anda seperti pada langkah no. 14. Anda harus memasukkan password terlebih dahulu untuk masuk ke layar dekstop. Kemudian tekan tombol Enter.

20. Proses instalasi windows 7 selesai.

1.      1. Komputer Windows 7 Oprasi sistem tidak bisa melakukan Shutdown
dan masuk Booting kembali
• Solusi :
    1. Masih ada Program yang belum diclose,sehingga harus kita close program tertentu dengan menggunakan task manager (CTRL + ALT+ Delete) pilih task    manager, lihat dibagian Applications apakah masih ada program yang sedang berjalan. Bila tidak ada lihat dibagian Processes lihat program yang masih runing

2.      2.  Warning ShutdownUntuk mematikan komputer secara otomatis dari menu shutdown komputer harus mendukung ACPI (anvaced configuration and power Intercafe)
 Solusi 1 :
    1. Lakukan Update Bios
 Solusi 2 :
    1. Menggunakan Registry buka registry komputer, Run ( Start, Run)
    2. Ketik regedit maka akan tampil,
    3. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE→Software→Microsoft→Windos NT→Curent version→WinLogon.
    4. Ubah nilai PowerDownAfterShutdown menjadi 1

3.      3. Ketika boot windows 7 terdapat tulisan “ windows protect can not be loaded, press any key and restart “ Pesan diatas memberi peringatan bahwa windows tidak dapat dibaca didalam hard disk sehingga tidak dapat melakukan booting.
Solusi 1:
    1. Harddisk diformat ulang
Solusi 2:
    1. Install ulang oprasi windows 7

4.         4. Saat menjalankan aplikasi tiba-tiba PC kekurangan tenaga Misalnya saat mengetik program dengan Neatbens dan dibarengi, Dengan membakar CD tiba-tiba Neatbens
seperti mengalami, Kekurangan memori, untuk memulihkannya komputer mesti direstart
Solusi 2 :
    1. Gunakan dan instal driver baru untuk chipset.
    2. Re-instal sistem operasi windows

5.           5. Pada saat scan harddisk menggunakan anti virus, tiba-tiba Lampu dirumah mati. Pada saat komputer dinyalakan lagi Komputer hanya ngeboot sampai windows loading, sudah
Merepair dan install dari Cd-nya tetap tidak bisa
Solusi 1 :
     1. Jalankan DOS dengan menekan tombol F8, lalu perbaiki registry window dengan mengetikkan scanreg / restore dari prompt c:\>
     2. Bila tetap tidak bisa, reformat harddisk dan install windows yang baru

6.                6 .Pada windows 7 ada kesalahan Defrag “ Disk Defragmenter tidak bisa dimulai”
Solusi 1:
      Drive memiliki kesalahan, mengecek harddsik
      1. Menu Run (Start) ketik cmd.exe →masuk kedalam Command Prompt→ketik CHKDSK/r→lalu ketik Y Reboot komputer dan coba defrag kembali.
Solusi 2:
     1. Defraging dalam Safe Mode Restart komputer dan tekan F8

            7.   Saat booting selalu muncul pesan “ windows could not start Because the following file is missing or corrupt : Window\system32\config\system ”
Penyebab yang paling umum adalah integritas data sistem yang rusak didalam ruang penyimpanan HDD, semua terjadi karena berbagai sebab diantaranya listrik
padam mendadak, shutdown yang tidak benar, restart yang tidak selesai.
Solusi 1:
      1. Melakukan Re-Install Repair sistem oprasi

8.                8. Pada window sering muncul pesan secara acak “ this program has performed an illegal operation and will be
Shut down. If the problem persists contact the program vendor” ( window telah diinstal ulang tetap tidak mau )
Solusi 1:
     1. Sofware, registry window yang sudah kotor, format dan instal ulang window.
     2. Hardware, memory / RAM, masuk ke BIOS motherboard dan cek konfigurasi kecepatan dan timing RAM yang dipakai

            9.   Meng Up-grade windows 7 menjadi windows 8 tanpa Kehilangan aplikasi
Solusi:
     1. Siapkan Intaller Windows 8 32/64 bit
     2. Untuk menghindari kesalahan update windows 7 terlebih dahulu,dengan cara:
        Menu Start ketik di search programs and files windows update→ pilih windows update→ klik install update.
     3. Masukan DVD windows 7
     4. Jalankan run setup.exe
     5. Maka masuk kedalam instalisasi windows 8
     6. Bila sudah maka muncul Product key, silakan masukan product key
     7. Muncul Lincece term, pilih Accept, next
     8. INI YANG PALING PENTING!!!! saat Choose what to keep beri tanda pada “keep windows setting, personal files and applications” agar aplikasi yang            teristall sebelumnya tidak hilang, next.
     9. Muncul making sure you’re ready to install, what needs your attention jika tidak ada aplikasi yang tidak kompatibel kita hanya perlu meng-uninstal aplikasi
      tersebut, tunggu hingga komputer restart.
    10. Muncul pesan Ready to Install Windows 8,pilih continue from where i left off, next.
    11. Tunggu hingga proses install selesai.
    12. Dan selamat datang di windows 8.

1         10 .Ruang harddisk di komputer hanya tersisa beberapa puluh MB saja. Karena banyak data yang tersimpan. Bagaimana Untuk mendapatkan lagi ruang yang lebih besar dan file apa saja yang dapat dihapus untuk memperbanyak ruang di harddisk
Solusi:
      1. Kosongkan recycle bin
      2. Masuklah ke my computer dan klik kanan icon harddisk, pilih properties lalu klik tombol disk clean up.
      3. Gunakan program norton utilities atau fix-it utilities untuk membuang file-file duplikat atau file-file yang tersisa oleh program uninstal

#  Berikutnya adalah beberapa EROR yang sering terjadia saat windows sedang aktif/berjalan.. cekdisout

Komputer Not Responding
    Penyebab not responding bisa bermacam-macam seperti Konflik, kekurangan memori, bug pada driver atau software Atau terjadi general protection error
Pemecahan : Cara menanganinya biasanya hanya dengan menekan CTRL -ALT-DEL atau merestart komputer. Program not responding Biasanya hanya antri utk diangkat ke memori

Error Yang Terjadi Saat Komputer Tiba-Tiba Menjadi Hang
Hal ini biasanya terjadi karena masalah berikut :
   a. Driver yang rusak atau konflik
   b. file suara untuk exit rusak
   c. Konfigurasi hardware yang rusak
Pemecahan :
   a. Jika ada driver hardware / software yg baru di install coba di uninstall
   b. Pada settingan BIOS, disable fast ShutDown
   c. Buka control panel, lalu klik sound, cari exit windows pada kotak events pilih none pada kotak name klik ok lalu restart

Pada Saat Komputer di Nyalahkan Muncul
Pesan File Memory Dump
Pemecahan : Buka control panel klik system, pilih tab Advanced, pada bagian start up and recovery klik setting, pada daftar write Debugging information pilih :
   -  Small memory dump (64)
   -  Kernel memory dump
   -  Complete memory dump


Pada Layar Muncul Pesan “ Stop Error Pada
Window 7”
Permasalahan : Jika terjadi pesan stop error layar monitor menjadi biru berisi tulisan putih. Nomor stop error adalah yang pertama
terdaftar lalu empat nomor heksadesimal yang mengidentifikasi parameter error.
Pemecahan : Restart komputer, bila masih ada error cari akar permasalahan sperti di bawah ini .

Jenis-jenis stop error
a. Stop error karena kesalahan software Stop error ini terjadi jika driver, service, aplikasi atau komponen sistem mengalami exception error ini terjadi
     kebanyakan karena software yang tidak kompatibel dengan windows atau versinya sudah ketinggalan jaman
b. Stop error pada saat instalasi Firmware yang sudah usang, updatelah firmware dengan versi terbaru, jika instalasi windowsnya adalah upgrade dari versi yang
    lebih rendah, cek kompatibilitas sistemnya
c. Stop error karena masalah hardware Penyebab error ini adalah konfigurasi yang kurang tepat pada hardware misalnya :
    - Adapter video yang memorinya cacat atau tidak sempurna
    - Atau ada hardware yang konflik dengan hardware yang lainnya
d. Stop error saat inisialisasi eksekutif Terjadi hanya pada saat inisialisasi eksekutif window yaitu sekumpulan komponen yang menyediakan service sistem operasi dasar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Hardware,Software Dan Fungsinya

1. Hardware     adalah sebua perangkat keras komputer yang sifatnya dapat di sentuh atau dapat dilihat secara kasat mata jadi dapat disimpul...